Selasa, 25 April 2017

TIPS MENGERJAKAN USM STIS

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik atau STIS merupakan salah satu perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang rutin mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru di tiap tahun. Seleksi penerimaan mahasiswa untuk STIS biasanya disebut USM (Ujian Saringan Masuk) atau SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dan biasanya mulai dibuka pendaftarannya pada bulan Maret. USM STIS atau SPMB STIS sering dianggap sebagai salah satu seleksi penerimaan mahasiswa yang ketat, meskipun pada kenyataannya semua seleksi penerimaan mahasiswa itu pasti sulit, karena setiap perguruan tinggi pasti menginginkan putra-putri terbaik untuk menjadi mahasiswa di perguruan tinggi mereka. Saya adalah salah satu orang yang beruntung dapat berhasil melalui setiap tahapan USM pada tahun lalu, 2016, dan saat ini saya merupakan salah satu mahasiswa tingkat 1 di STIS Angkatan 58. Pada tulisan kali ini, saya ingin membagikan pengalaman dan beberapa tips bagi rekan-rekan pembaca yang ingin dan akan mengikuti USM STIS. Selamat membaca.



1. BACA SEKSAMA PERINTAH SOAL
Hal ini adalah yang paling penting untuk dilakukan sebelum mengerjakan soal USM. Terkadang, kita tergesa-gesa untuk mengerjakan suatu soal begitu melihat rumus atau angka yang terdapat di soal tanpa membaca perintah soal terlebih dahulu. Sebagai pengalaman, saya juga pernah melakukan hal tersebut saat berlatih paket-paket soal latihan, dan hasilnya saya baru menyadari bahwa jawaban saya salah begitu melihat pembahasan. Dan kesalahan itu terkadang sangatlah sepele.

2. BACA SECARA SEKILAS DENGAN CEPAT SEMUA SOAL
Hal ini bertujuan agar kamu dapat memahami dan memilih soal mana yang dapat kamu kerjakan terlebih dahulu, dan soal mana yang dapat dikerjakan kemudian. Pemilihan ini dapat kamu tentukan berdasarkan kemungkinan seberapa panjang langkah yang harus kamu lakukan untuk menyelesaikan sebuah soal (kerjakan yang penyelesaiannya lebih pendek telebih dahulu untuk memaksimalkan waktu).

3. KERJAKAN YANG PALING MUDAH ANDA PAHAMI
Hal yang ini berkaitan dengan tips sebelumnya. Dalam mengerjakan soal USM yang cukup banyak, kita perlu mengatur strategi agar dapat menyelesaikan sebanyak mungkin soal dengan waktu yang terbatas. Oleh karena itu, kerjakanlah soal-soal yang kalian anggap lebih mudah terlebih dahulu.
-Dalam beberapa paket soal latihan, terkadang soal-soal yang tidak memerlukan perhitungan yang panjang terdapat di bagian akhr.

4. JANGAN PAKSAKAN DIRI
Jika kamu mendapati sebuah soal dan mengerjakan soal tersebut, tetapi kamu mendapati bahwa jawabanmu tidak ada di pilihan jawaban dan/atau kemudian sulit menyelesaikannya, segera beralih ke soal lainnya. Terkadang beberapa soal terlihat mudah dikerjakan karena tulisannya sedikit atau angkanya cukup enak dilihat (misal. 2016, 2017, 777, 12345, 98765, dll) tetapi tetap sulit dikerjakan. Segera beralh ke soal lainnya untuk menghemat waktu agar kamu dapat menyelesaikan soal-soal lain dan juga tidak menambah tingkat stress terhadap soal tersebut. Saya sendiri melewati beberapa soal yang sudah saya kerjakan separuh (belum mencapai hasil akhir) karena ingin mengejar jumlah soal yang menjadi target saya.

5. PERHITUNGAN TERHADAP WAKTU
Dari beberapa tips diatas, semuanya berkaitan dengan tips yang satu ini. Selalu perhitungan terhadap waktu yang kamu miliki sehingga kamu dapat memaksimalkan jumlah soal yang dapat kamu kerjakan. Misalkan, target kamu untuk mengerjakan satu soal adalah 3 menit. Jika kamu sudah melewati target yang kamu tetapkan itu, segera beralih ke soal yang lainnya. Untuk mengikuti tips ini, jangan lupa menggunakan jam tangan.

Saya rasa sekian dulu tips yang dapat saya sampakan kepada para pembaca. Hal laiinya yang perlu dilakukan tentunya sering berlatih, berdoa, dan meminta restu dari orangtuamu. Untuk kamu yang akan dan ingin mengikuti USM STIS tahun ini, SEMANGATT.

Jika ingin berbagi dan menanyakan lebih lanjut, isi komentar di bawah dan ikuti blog saya yaaa.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar