Selasa, 29 November 2016

Pola Hidup Sehat Sederhana

Memiliki tubuh yang sehat adalah hal yang diinginkan oleh semua orang. Berbagai cara dilakukan oleh banyak orang untuk memiliki tubuh yang terkihat sehat, bahkan banyak orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk melakukan perawatan kesehatan di banyak tempat. Tapi, cara tersebut terdengar sangat sulit dilakukan bila harus dilakukan oleh setiap orang yang menginginkan tubuh yang sehat. Lalu, bagaimana agar setiap orang dapat memiliki tubuh yang sehat tanpa harus mengeluarkan banyak biaya???  Berkaitan dengan masalah tersebut, kali ini saya ingin berbagi dengan para pembaca tentang langkah mudah dan murah untuk memiliki tubuh yang sehat, yaitu dengan memulai pola hidup sehat sederhana.

Pola hidup sehat adalah langkah yang termudah dan paling murah untuk dilakukan oleh banyak orang. Tujuan dari melakukan pola hidup sehat adalah untuk memperoleh kondisi tubuh yang sehat dan bugar serta siap untuk beraktifitas di kegiatan sehari-hari. Berikut adalah beberapa tips tentang pola hidup sehat sederhana yang dapat saya bagikan kepada pembaca:

1. Tidur cukup 6-9 jam sehari.
Mungkin terdengar cukup klise, tapi tidur yang cukup adalah langkah awal dari pola hidup sehat. Manusia secara normal membutuhkan istirahat yang cukup untuk mengembalikan tenaga dan mengembalikan kondisi serta suhu tubuh menjadi normal kembali setelah melakukan aktifitas selama 12-18 jam sehari agar dapat melakukan kegiatan di hari selanjutnya. Dengan adanya pola tidur yang cukup, kita telah mencapai langkah pertama dalam pola hidup sehat.

2. Minum air putih secara rutin dan secukupnya
Kenapa hanya secukupnya?? Bukankah sering kita dengar bahwa dianjurkan untuk meminum 8-10 gelas ari putih per hari?? TIDAK. Meminum air putih tidak memiliki ukuran yang pasti. Hal ini dikarenakan tiap orang memiliki kegiatan atau aktifitas yang berbeda, maka kebutuhan untuk meminum air putih juga berbeda. Minum air putih juga harus secara rutin. Dianjurkan untuk meminum air secara rutin, terutama sesaat setelah bangun pagi sebelum melakukan kegiatan lainnya. Dengan meminum air putih, terutama pagi hari, akan menyegarkan tubuh dan memperlancar aliran darah. Langkah kedua pola hidup sehat tercapai.

3. Melakukan olahraga ringan secara rutin di pagi dan sore hari.
Olahraga ringan yang dapat secara rutin dilakukan di setiap pagi hari misalnya melakukan push-up 10-20 kali tiap pagi setelah bangun tidur atau yang lebih ringan lagi yaitu jongkok-tegak sebanyak 20-30 kali hitungan. Selain menyehatkan badan, olahraga ringan lainnya yang dilakukan rutin di pagi hari dapat memperlancar aliran darah di otak sehingga memperlancar kita untuk berpikir dan menyiapkan kegiatan lainnya di pagi hari. Sementara untuk di sore hari, pembaca dapat memulai dengan lari selama 15-30 menit setiap tiga hari sekali. Dan langkah ketiga pola hidup sehat tercapai.

4. Mengonsumsi makanan sehat
Selanjutnya adalah tentang makanan yang dikonsumsi. Setelah melakukan tiga langkah sebelumnya, kondisi tubuh kita tidak akan serta merta menjadi sehat jika tidak diiringi dengan gizi yang masuk di dalam tubuh. Makanan yang sehat diibaratkan sebagai bahan bakar untuk melakukan berbagai aktifitas atau kegiatan kita sehari-hari. Jika kita memasukkan makanan yang tidak sehat, mungkin bisa diibaratkan bahan bakar yang Anda konsumsi adalah bahan bakar campuran berkualitas buruk dan membahayakan mesin (tubuh kita). Dan itulah langkah terakhir dari pola hidup sehat sederhana yang dapat saya bagikan.

Sekian saja tips pola hidup sehat yang dapat saya bagikan kepada pembaca sekalian. Semoga dapat membantu para pembaca dalam memperoleh tubuh yang sehat dan menjalani aktifitas dengan baik. Jika ada yang ingin berbagi dan memberikan kritik serta saran, mohon isi dikomentar yaa... Terima kasih ^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar